PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Juni 11, 2016

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Memar




Bagi para ibu yang masih memiliki anak balita, baik diurus sendiri apalagi diurus asisten rumah tangga karena bekerja, ketika anak kesayangannya jatuh cukup keras sehingga terkadang mengakibatkan kepalanya atau bagian tubuh lain mengalami bengkak atau memar, tindakan yang dilakukan
kebanyakan adalah hanya sebatas diusap dan dielus atau mungkin dipijat-pijat. Ya, memang tidak banyak ibu yang memiliki minat dan gerak reflek teknis sehingga dapat mengambil tindakan yang lebih tepat dan cepat untuk menolong anaknya sebagai pertolongan pertama dan darurat. Akhirnya selain rasa nyeri dan sakit, bengkak dan memarnya tak kunjung hilang, kadang sampai lebih dari seharian. Padahal ada satu cara sederhana dan mudah diambil tindakan, yaitu mengompresnya dengan batu es.

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Memar


Seketika terlihat bagian tubuh anak bengkak atau memar akibat terjatuh atau terantuk benda tumpul, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Segera ambil segumpal es batu yang sebaiknya selalu tersedia di dalam kotak freezer kulkas.
2. Bungkus es batu dengan menggunakan selembar kain atau sapu tangan
3.Tempelkan ke bagian yang bengkak atau memar seraya ditekan secukupnya dalam jangka waktu sekitar setengah menit.
Jangan gugup dan tetap tenang ketika pertama kali es batu ditempelkan biasanya anak terkejut dan akan menjerit seperti kesakitan, karena rasa perih hanya berlangsung untuk beberapa saat saja. Namun bila tindakan tersebut dapat dilakukan dengan baik dan benar, maka bengkak, memar ataupun rasa nyeri dan ngebet pun tidak akan berlangsung lama dan cepat menghilang. Teknik tersebut kalau kita mau perhatikan sebenarnya biasa dilakukan di dunia olah raga tinju. Setiap kali pemain tinju menuju ke sudut ring untuk mengambil istirahat, tampak salah satu tim pembantu pelatih selain menempelkan kantong kompres di tengkuknya juga menempelkan gelang pendingin di bagian muka sang petinju yang mengalami bengkak atau memar.

Simak Juga:




Posting Komentar