PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

September 29, 2016

Tips dan Cara Praktis Mengatasi Bayi Pilek dan Hidung Tersumbat




Bagi kaum ibu yang masih memiliki dan mengurus bayi kesayangan tentu hatinya tidak tenang dan nyaman bila menyaksikan si kecil demam atau flu pilek hidung mampet. Tindakan pertama dengan membawanya ke dokter anak itu pasti. Tetapi kalau menyaksikan si kecil
hindungnya kelihatan mampet sehingga susah bernafas karena tersumbat oleh “umbel” (ingus) yang kenthel (kental), akhirnya harus mencari akal juga untuk mengeluarkan sumbatan tersebut, karena si kecil memang belum dapat mengeluarkan sendiri  “umbel” yang membandel tersebut. Beberapa ibu ada yang mengakali dengan cara  menyedot hidung si kecil dengan menggunakan mulut untuk mengeluarkan sumbatan kental yang kadang berwarna hijau tersebut. Bahkan sebagian ibu yang mungkin karena tidak sanggup menahan rasa jijik atau memang tidak mampu secara teknis lantas meminta bapaknya untuk melakukannya. Persoalannya, bagaimana kalau kedua-duanya tidak sanggup melakukannya pekerjaan sederhana tersebut?

Tidak usah risau dan khawatir. Berikut ada satu tips langkah untuk mengatasi bayi pilek diikuti hidung mampet tersebut. Siapkan air hangat kira-kira sebanyak setengah liter, campuran dari air mendidih dan air mentah dengan perbandingan 1:1 sedemikian rupa sehingga cukup hangat, dan bubuhi 1 sendok makan garam. Dalam posisi tengkurap siramkan atau guyurkan air tersebut perlahan dan bertahap beberapa kali ke arah ubun-ubun si kecil sambil ditepuk-tepuk lembut. InsyaAllah, dalam  waktu tidak lama kemudian hidung si kecil yang tersumbat segera “plong” dan si kecil pun segera dapat tertidur nyenyak. Demikian tips sederhana dan mudah ini, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Simak Juga:




Posting Komentar