PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Mei 25, 2016

Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Perut Kembung dan Susah BAB


Posisi fisio-terapi







Teknik terapi sendiri untuk seumur hidup


Sejauh ini dunia mengenal dua konsep dasar tentang kesehatan sebagai berikut:
  1. Konsep dunia Barat dengan slogannya “min sana in corpore sano” (jiwa yang sehat terletak di dalam tubuh yang sehat). Intinya, sumber energi dari luar memancar ke dalam.
  2. Konsep dunia Timur (Islam) dengan prinsipnya “manajemen kalbu” (merujuk pada sebuah Hadist Nabi saw). Intinya, sumber energi dari dalam memancar keluar. Dalam urusan perut misalnya, kedua kubu itu pun berbeda pandang tentang apa-bagaimana orang makan. Namun keduanya sepakat bahwa PERUT KEMBUNG dan SUSAH BAB (Buang Air Besar) merupakan salah satu gejala dan keluhan umum yang kerap dialami banyak orang, tak peduli anak-anak atau dewasa, pria mupun wanita.
    Kini telah ditemukan satu metode yang unik, MUDAH, MURAH, MUJARAB untuk mengatasinya (semacam olah tubuh), yang telah teruji melalui empiris dan pengamatan selama tahunan.

Cara dan Seni Merawat Sistem Pencernaan

< br /> Menurut konsep dunia Timur (Islam) disebutkan bahwa untuk menjaga kesehatan dan vitalitas sistem pencernaan harus memperhatikan tentang apa-bagaimana (makannya) sebagai berikut:
  • Apa (makannya): makanlah semua YANG TIDAK DILARANG (DAN DICELA) menurut SYARIAT AGAMA;
  • Bagaimana (makannya):
    • Makan SAAT LAPAR, berhenti makan SEBELUM KENYANG;
    • Ubah jadwal makan (dengan berpuasa) selama SATU BULAN DALAM SATU TAHUN.

Cara Olah Tubuh Menyehatkan


Lakukan setiap hari atau sesering mungkin:
  • Biasakan bangun tidur minimal 15 menit sebelum masuk waktu subuh;
  • Sebelum beranjak dari tempat tidur, lakukan olah tubuh berikut:
    • Luruskan tubuh dalam posisi terlentang dan bersedekap (seperti sikap salat) selama 1 menit;
    • Bentangkan tangan kanan dalam posisi 90 derajat dari tubuh dan letakkan di atas tempat tidur dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas;
    • Selanjutnya, miringkan tubuh ke arah kanan, sambil meletakkan telapak tangan kiri di bawah pipi kanan dengan posisi telapak tangan kiri menghadap ke bawah sehingga tertindih (sebagai bantal);
    • Terakhir lipat pangkal paha kaki kiri dalam posisi 90 derajat, dan letakkan di tempat tidur sehingga berada di depan lutut kaki kanan;
    • Tahan posisi tersebut selama 5-8 menit dengan sikap rileks.




Lalu lihat apa yang terjadi!
Jika saat-saat dalam posisi tersebut terjadi (maaf) buang angin, maka itu pertanda olah tubuh uang dilakukan sudah benar dan menuju keberhasilan. Olah tubuh bisa disudahi lebih awal. Sesudah itu biasanya diikuti perasaan “kebelet” BAB. Khusus bagi yang mengalami sembelit dan atau susah BAB dapat dilakukan gerakan sebagai berikut: Dalamposisi jongkok atau duduk di atas kloset, usap-usaplah perut bagian sebelah kiri 3-5 cm di bawah tulang rusuk paling bawah dengan menggunakan 3 jari (kelingking,manis dan tengah) dari tangan kiri. Usapan dilakukan sambil mencari bagian mana yang paling pas yang dapat menimbulkan reaksi kontraksi (mengejan).

Simak Juga:




Posting Komentar