PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

September 01, 2018

Perangkap Kultus Individu dalam Islam











Dalam satu dekade terakhir ini gejala pengkultusan individu yang dikemas dalam bentuk acara pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad saw cukup merebak di seantero negeri Indonesia. Jika dirunut pada awalnya kegiatan itu sesungguhnya mengadopsi gagasan Hasan al Banna, seorang ulama besar asal Mesir sekaligus pendiri organisasi dakwah dan gerakan politik Ikhwanul Muslimin (IM), dalam bentuk murni puji-pujian dan pembacaan riwayat Nabi saw sebagai sarana untuk menghimpun angkatan muda yang bertujuan untuk membangkitkan perlawanan dan mengusir penjajah Inggris. Pemuliaan dan pujian pada Nabi saw setidaknya bertolak dan merujuk pada sebuah ayat Alquran dan hadist berikut.

قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ اللَّـهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّـهُ بِأَمْرِهِ ۗ وَاللَّـهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

Katakanlah: “jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya”. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

at-Taubah 24

Dari Anas ia berkata, Nabi saw bersabda: "Tidaklah salah seorang dari kalian beriman hingga aku lebih dia cintai daripada anaknya, orang tuanya dan manusia semuanya."
Dan sebuah hadits Abdullah bin Hisyam berkata, “Kami pernah bersama Nabi saw dan beliau memegang tangan Umar Bin Khattab“. Maka Umar berkata, ‘Wahai Rasulullah, engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali dari diriku.’ Maka Nabi saw bersabd: ‘Tidak! Demi Dzat yang diriku berada ditanganNya sampai aku lebih engkau cintai dari dirimu sendiri’ Lalu Umar berkata, ‘Sesungguhnya sekarang Ya Rasulallah demi Allah engkau lebih aku cintai dari diriku sendiri.’ Maka Nabi saw bersabda: ‘Sekarang imanmu sempurna hai Umar

Halaman: 1 2 3 4 5



Simak Juga:




Posting Komentar