PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Oktober 21, 2016

Cara Memperbaiki Pompa Air (3)








Artikel ini merupakan lanjutan dari seri kedua Pompa Air Masuk Angin, Cara Analisis dan Servis. Pembahasannya fokus ditujukan untuk meningkatkan kinerja mesin pompa air supaya lebih optimal, sehingga pada gilirannya diharapkan dapat menghasilkan debet air yang maksimal atau dalam jumlah banyak dan lancar sesuai dengan kapasitas
mesin pompa air yang dipasang.

Cara Meningkatkan Daya Hisap Pompa Air


Baiklah, ikuti langkah selanjutnya Pompa Air Masuk Angin, Cara Analisis dan Servis seri terakhir berikut:
  1. Bagian penunjang (support), terutama adalah pipa saluran yang dimasukkan ke dalam tanah. Instalasi pipa inilah yang sangat menentukan keluar tidaknya atau lemah tidaknya air yang dihasilkan oleh mesin pompa air. Sedangkan pipa saluran keluar (discharge) hanyalah menyangkut masalah pasca air berhasil keluar dari pompa air yang letak dan gangguannya lebih mudah dideteksi dan dijangkau.
  • Bagian paling penting dari rangkaian ini adalah klep yang terletak di ujung pipa yang dimasukkan ke dalam tanah (tusen klep). Cek apakah kondisi dan fungsinya masih baik dan perhatikan pemasangannya tidak terbalik.
  • Simak: Servis Radar Tangki Air
  • Cek apakah kondisi seluruh pipa dan sambungan pipa benar-benar kuat dan rapat serta kedap udara, dalam arti tidak tembus udara. Keretakan kecil sebesar sehelai rambut yang bisa jadi tidak kasat mata kadang-kadang bisa terjadi pada ujung pipa bagian atas yang ditempelkan (dipasangkan) pada lobang suction pompa air, menyebabkan pompa tidak dapat bekerja secara optimal (loyo alias impoten).

Demikianlah ulasan lengkap bagaimana cara memperbaiki pompa air secara sistematis, komprehensif dan hemat energi. Kalaupun Anda tidak mengerjakan sendiri dan memilih untuk menyuruh tukang pompa air untuk mengerjakannya, maka ilmu pengetahuan ini tetap akan bermanfaat. Karena setidaknya Anda dapat mengetahui dan mengontrol apa saja serta bagaimana seharusnya tukang tersebut bekerja dan melaksanakannya.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan berhasil!


Simak kembali ke: Cara Memperbaiki Pompa Air (1)

Simak Juga:




Posting Komentar