PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Desember 21, 2018

Cara Terbaru Membuat Kolom Komentar Mobile Friendly




Ini adalah pengalaman pribadi sebagai seorang blogger level ‘intermediate’ (menengah) yang melelahkan, mengesalkan sekaligus mendebarkan bahkan hampir frustasi ketika berupaya untuk menampilkan kolom komentar blog versi mobile. Namun berkat kesabaran dan rasa penasaran, semua beban pikiran dan perasaan itu akhirnya berbuah manis dan terbayarkan. Karena
pada percobaan terakhir dilaksanakan, dan ketika dibuka versi mobile kolom itu muncul..!! Alhamdulillah, lega rasanya. Bagi Anda yang mengalami dan menghadapi problem seperti saya, apalagi jika sampai sekarang belum berhasil ditemukan solusinya, sebaiknya bersabar mengikuti cerita pengalaman saya ini, pasti ada hikmah lain di balik itu. Dan jangan khawatir, dalam ujung tulisan ini akan saya beritahukan Cara Jitu Membuat Kolom Komentar Mobile Friendly itu.

Mau tahu Anda, apa yang saya alami dan lakukan? Awalnya saya seorang teman blogger yang baik hati memberi tahu saya, atau lebih tepatnya “menegor”, kalau blog ini tidak ada kolom komentar versi mobile. Setelah saya cek, benar adanya. Sejak itu selama dua hari nonstop saya “berburu” info dan tutorial mengenai hal tersebut. Dan berbagai tutorial yang saya baca isi dan petunjuknya pada dasarnya hampir sama, yakni cari kode </style> sebelum perintah untuk meng-copas sebuah kode lain yang diberikan, contohnya seperti di bawah ini

Repotnya, setelah dicari-cari di template saya kode tersebut tidak ketemu atau tidak ada. Sampai di situ saja pekerjaan sudah mentok. Artikel lain menyebutkan, kalau tidak dapat menemukan kode tersebut, kode yang dimaksud bisa juga di-copas di atas kode ]]></b:skin>. Semua telah dicoba dan hasilnya nol.
Dalam kondisi psikologi hampir frustasi, dan dengan bekal sedikit info bahwa untuk menampilkan elemen blog versi mobil dapat menggunakan ‘ajian’ kode mobile=’yes’. Persoalannya, di mana kode tersebut mau ditempatkan (copas) di tengah 'belantara' kode html template?! Dengan memakai sedikit logika dan agak berspekulasi, akhirnya saya mencoba-coba memasukkan ‘ajian’ tersebut ke dalam struktur html yang mendekati elemen kolom komentar. Dan tiba-tiba berhasil! Saya pun puas dan berbangga. Cara yang saya temukan ini dijamin tidak akan pernah dapat ditemukan di tutorial manapun! Setelah ketemu ternyata mudah sekali! Sekarang pengalaman tersebut saya bagikan kepada Anda, agar Anda tidak usah susah-susah melakukan uji coba dan meraba-raba seperti yang saya lakukan. 
Baiklah, langsung saja kita mulai langkah-angkahnya, dengan catatan Anda telah membuat kolom komentar dengan memasukkan kode lewat edit html. Kalau belum dilakukan, silakan simak Cara Membuat Kolom Komentar di Postingan Blog dan ikuti langkah-langkahnya agar kolom komentar sudah terpasang terlebih dahulu.

Cara Membuat Kolom Komentar Mobile Friendly, Terobosan


Ikuti langkah-langkah berikut:
1. Login ke blog >> dashboard atau desain
2. Klik template atau tema >> klik html



3. Klik ctrl bersamaan dengan menekan tombol huruh 'f' di keyboard
4. Ketik postComment


5. Sorot dan lihat 2-3 baris kode di atasnya, lalu ketik: mobile=’yes’ persis di posisi baris seperti tampak pada gambar. Agar gambar tampak jelas, klik kanan pada gambar, lalu  > klik open link in new tab.


6. Selesai

Sekarang silakan buka blog Anda di versi mobile, kolom komentar itu sudah muncul.
Sederhana. bukan? Tapi menemukannya setengah mati!! Harus melalui uji coba berkali-kali.


Simak Juga:




Posting Komentar