PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Desember 21, 2018

Cara Menampilkan Kolom Komentar di Blog



Dalam artikel ini kita tidak akan membahas tentang betapa pentingnya peran kotak komentar bagi sebuah blog, khususnya pada postingannya. Mengenai hal tersebut Anda dapat menyimak dengan mudah di berbagai tutorial yang berserak. Bagian yang disajikan dalam artikel ini adalah
untuk menunjang dan melengkapi artikel mengenai Membuat Kotak Komentar Mobile Friendly. Dari berbagai trik dan langkah tambahan yang dapat dijumpai di tutorial, namun semuanya menyebutkan bahwa yang pertama dan utama harus dilakukan adalah menyetel desain bawaan (default) blog agar kolom komentar dapat muncul atau tampil.

Untuk itu, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Login >> Blogger
2. Di dashboard atau desain, secara berturut-turut lakukan langlah-langkah sebagai berikut:
    klik 'Setelan" (1), klik 'Posting, Komentar, dan Berbagi' (2), klik 'Pengguna dengan Akun Google' (3)  dan klik 'Selalu' (4), sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.


Jika setelah dilakukan langkah-langkah tersebut kolom komentar belum muncul juga, sebagian tutorial menyarankan untuk melakukan langkah tambahan melaui edit html, di antaranya sebagai berikut:

1. Langkah nomor 2 di atas, klik tema atau template
2. Setelah muncul halaman baru, klik 'edit html'
3. Cari kode dibawah ini,supaya lebih cepat dan tepat, klik di sembarang tempat pada kolom edit html lalu tekan Ctrl+F secara bersamaan. Ketik di dalam kotak yang muncul kode berikut.

<b:include data='post' name='comments'/>

4. Jika sudah ketemu copy paste code dibawah ini persis di bawah kode tersebut

<b:include data='post' name='comment-form'/>

5. Klik 'simpan'

6. Selesai

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Simak Juga:




Posting Komentar