PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Januari 07, 2020

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Edit HTML Gagal Disimpan







Edit HTML gagal disimpan ini tergolong problem terbaru

Saya salah satu tipe blogger yang tidak mau dan tidak suka gonta-ganti tema blog. Karena saya sudah merasa sudah "firm" dengan desain blog yang saya buat. Kalaupun mau melakukan
sedikit penambahan atau penyempurnaan melalui menu edit html selama ini berlangsung dengan lancar-lancar saja. Sampai pada suatu hari saya ingin melakukan sedikit penambahan teks dengan cara edit html, giliran mau disimpan ternyata di layar tidak ada tanda-tanda merespond, bahkan muncul peringatan seperti ini Anda masih memiliki perubahan yang belum disimpan dan akan hilang. Saya pun sempat kaget dan dibuat panik..! dan pastinya jengkel bercampur sebel karena harus bekerja ekstra untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasi Edit HTML Gagal Disimpan. Setelah mencoba mencari informasi sana sini melalui penelusuran, kebanyakan tips yang didapat secara garis besar ada dua cara yang disarankan, yakni:
  • Menghapus satu per satu widget yang dirasa kurang penting,
  • Merefresh halaman yang terbuka dengan menekan secara bersamaan (ctrl +F5).



Saya coba Tips pertama dengan menghapus satu sampai dua gadget atau widget yang saya anggap kurang penting, dan saya coba masuk ke menu edit html. Setelah dicoba melakukan sedikit perubahan (teks) lalu disimpan, ternyata hasilnya sama..! Muncul peringatan serupa, yakni Anda masih memiliki perubahan yang belum disimpan dan akan hilang. Saya setop sampai di situ, saya tidak mau berspekulasi. Sembari merasakan kepala mulai bertambah pusing, saya coba tips kedua tersebut di atas. Hasilnya pun tidak jauh berbeda. Berikut contoh halaman edit html versi terbaru.
    • Klik "Tema" (1) >> klik simbol titik tiga (2)



    • Klik edit html


    • Muncul halaman edit html versi baru seperti gambar berikut






Saya juga tipe orang yang tidak mudah menyerah alih-alih putus asa. Sejenak saya coba mengingat-ingat dan merenungkan, belum lama ini saya memang pernah memasang widget dilengkapi dengan gambar yang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, dan menghapus widget tersebut tetapi masih dalam keadaan tersambung dengan link dalam hal ini Google Doc. Blogger lain mungkin memanfaatkan aplikasi pihak ketiga lain lagi, silakan masuk ke sana. Teringat hal tersebut dalam hati saya sudah mulai dapat mengharap masalah tersebut dapat diatasi dan saya pun segera mengambil langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Masuk ke Google Doc



  2. Klik Buka Google Document





  3. Klik simbol tiga titik. Hapus gambar atau ganti nama.
  4. Selesai.

    Cepat dan mudah, bukan?





Dalam contoh ini saya pernah membuat gambar dan dipublikasikan melalui fasilitas Google Doc untuk dipergunakan sebagai ilustrasi gambar di dalam widget. Ketika widget tersebut ingin saya hapus, saya lupa bahwa di dalamnya ada gambar yang menggunakan aplikasi google doc. DAn saya hapus begitu saja dengan menggunakan simbol tang. Maka terjadilah error tersebut. Beruntung saya masih teringat tentang hal tersebut, sehingga saya tidak bersusah payah untuk mencari dan mencoba-coba lebih lama lagi. Sekarang pengalaman tersebut saya bagikan kepada Anda. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


Simak Juga:




Posting Komentar