PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Oktober 20, 2016

Identifikasi Rasa Dengki




Secara eskalatif dan bertingkat salah satu sifat buruk bahkan dapat menjurus jahat yang kerapkali menghinggapi hati manusia adalah mulai dari rasa cemburu, iri, dengki, hingga 'hasad' diidentifikasikan dalam Alquran, namun jarang sekali mendapat perhatian lebih-lebih diamalkan. Padahal penyakit hati yang satu tersebut --namanya juga penyakit-- tanpa disadari justru seringkali menggerogoti diri sendiri.


وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.

Al-Falak 5

Dalam ayat lain penyakit hati yang bernama 'hasad' tersebut diuraikan lebih jelas. Dalam kehidupan nyata ada pengidap stadium yang paling parah dari penyakit 'hasad' tersebut adalah ketika melihat orang lain senang, ia bukan saja hanya merasa tidak senang. Tetapi ia secara aktif berupaya agar kesenangan orang lain tersebut hilang serta lenyap dari orang tersebut lalu berpindah kepada dirinya.

إِن تَمْسَسْكُمْ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْ وَإِن تُصِبْكُمْ سَيِّئَةٌ يَفْرَحُوا بِهَا وَإِن تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لَا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّـهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ

Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.

Ali Imran 120

Simak Juga:




Posting Komentar