PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Mei 09, 2017

Solder Listrik: Perawatan











Solder listrik merupakan 'senjata' utama para teknisi elektronik, di samping tester (avometer). Memelihara mata solder tetap bersih diperlukan perhatian dan pemeliharaan rutin, supaya pada saat digunakan panas dari mata solder listrik dapat disalurkan secara optimal ke bagian yang akan disolder. Teknik menyolder dengan benar tidak perlu berlebihan menekankan mata solder, tetapi cukup ditempelkan saja ke bagian yang akan disolder dan ditunggu sebentar sampai cukup panas, lalu menyusul timah ditempelkan hingga mencair. Penyolderan yang benar ditandai dengan permukaan timah hasil solderan tampak mengkilat dan tidak kusam karena gosong. Menyolder dengan cara ditekan berlebihan menandakan bahwa mata solder dalam kondisi kotor karena oksidasi yang menghambat penyaluran panas. Mata solder yang baik harus dalam keadaan selalu dilapisi oleh timah yang tipis, terlihat terang dan mengkilat.
Berikut petunjuk yang disarankan mengenai cara pembersihan dan pemeliharaan solder listrik berdasarkan praktik pengalaman lapangan.

Cara Mudah dan Sederhana Memelihara Solder Listrik


  1. Ada banyak cara untuk membersihkan mata solder, tetapi cara yang simpel dan direkomendasikan adalah gunakanlah selembar kain bekas kaos dari bahan katun (…kira-kira selebar sapu tangan). Celupkan dalam air kemudian peras sampai kering (……jaga agar selalu lembab). Lipat-lipat dan gunakan kain lembab tersebut untuk membersihkan mata solder dari kotoran debu dan atau lainnya.
  2. Panaskan solder listrik dengan cara memasukkan steker kabel ke jaringan listrik PLN. Ulangi sekali lagi untuk membersihkan ujung mata solder listrik dengan kain lembab tersebut hingga sisa timah yang menempel tampak mengkilat.
  3. Tempelkan ujung solder listrik ke timah solder sehingga timah mencair dan sebahagian dari timah melekat di ujung solder lstrik sehingga bersih sisa timah tampak mengkilat.
  4. Selesai. Sekarang solder listrik siap untuk dipakai.


Berikut adalah petunjuk umum pemeliharaan mata solder listrik:
  1. Jangan gunakan solder listrik untuk mencongkel kaki komponen. Mencongkel kaki komponen dapat menggunakan bantuan alat lainnya, seperti pisau cutter atau obeng minus kecil.
  2. Jangan pernah menggunakan solder listrik untuk menyolder bahan lain non logam, seperti plastik, glue gun (solder bakar). Jika hal ini diperlukan gunakan bekas mata solder lain yang sudah tidak terpakai.
  3. Mata solder yang cepat kotor mengindikasikan bahwa solder listrik, utamanya dari model atau jenis solder listrik yang berujung runcin dan lancip, terlalu panas. Cara mengatasinya, jika tidak sedang menyolder sementara mengerjakan yang lain, sebaiknya dijeda (dimatikan) sementara waktu sesuai dengan kebutuhan.
  4. Jaga jangan sampai alat solder listrik jatuh. Apalagi jika saat jatuh posisi mata soldernya menghadap ke bawah dan terbentur, jelas akan dapat merusakkan ujung mata solder. Oleh karenanya buatlah dudukan solder yang aman dan kokoh.
  5. Minimal sebulan sekali mata solder harus dilepas dari pemanas soldernya dan dibersihkan. Kalau dibiarkan menempel terus akan menyebabkan korosi dan mata solder tidak dapat dilepaskan. Dan kalau sudah demikian pertanda harus membeli solder baru.
  6. Jika semua cara yang dilakukan tidak juga menunjukkan hasil yang memuaskan, maka jalan terakhir terpaksa menggunakan 'senjata pamungkas' --seperti dalam dunia kedokteran-- yakni di-AMPUTASI..! Caranya..? Sebagaimana ditunjukkan pada gambar di atas, yakni dengan menggunakan sebuah tang yang tajam dan kuat, potonglah ujung mata solder dengan posisi menyerong atau tirus, cukup sedikii..it saja. InsyaAllah, solder akan kembali enak dipakai

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Simak Juga:




2 komentar

Makasih. Semoga bermanfaat.
Maaf ya, terlambat.