PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Januari 28, 2019

Memperbaiki Crawl Error di Webmaster Google Console





Google webmaster tool merupakan salah satu produk google yang sangat membantu para blogger, sehingga dengan mengaitkan blog/situs/web dapat mengoptimalkan kinerja blog supaya lebih SEO Friendly.

Crawl Error atau Page Not Found merupakan masalah yang umum terjadi yang tidak dapat dihindari dan apalagi menjadi panik, ketika mendapati  jumlah error semakin banyak. Memang masalah
tersebut dapat mempengaruhi kualitas SEO blog dan tingkat kepercayaan mesin pencari. Karena adanya crawl error mengindikasikan kondisi kesehatan blog. Semakin banyak jumlah error ditemukan mesin pencari maka akan membuat situs dianggap tidak sehat dan tidak terawat. Dan pada gilirannya akan berpengaruh pada efektivitas SEO, karena pada dasarnya google kurang menyukai web yang tidak sehat. Maka pada kesempatan ini akan dibagikan cara terbaru mengatasi masalah crawl error dengan menggunakan webmaster tools.

Cara Terbaru Memperbaiki dan Menghapus Crawl Errors


Untuk menghapus atau memperbaiki error pada google webmaster tools terlebih dahulu harus mendaftar dan melakukan verifikasi blog di aplikasi tersebut melalui akun Gmail. Di samping itu perlu dicatat bahwa panduan ini menggunakan browser Mozilla Firefox, dan template blogspot.com yang mungkin saja sedikit berbeda caranya.
Ikuti cara dan langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Login >> Webmaster Google Console
2. Klik Crawl  >> lalu klik Crawl Error (sebelah kiri halaman navigasi) --- (langkah a )
3. Klik salah satu url di daftar error yang akan diperbaiki dan dihapus --- (langkah b).




4. Setelah muncul kotak pop-up >> klik alamat url error (warna biru).



5. Setelah terbuka halaman url tersebut di tab lain  >> Copy alamat url yang terdapat di kotak browser (di atas). Tutup tab lalu >> Klik Cancel (di sisi bawah).


6. Klik Google Index (di sebelah kiri halaman) >> Klik Remove Url (a).

7. Di halaman berikutnya >>Klik Temporarily Hide (b).


8. Di halaman selanjutnya  >>Pastekan alamat url error yang di copy sebelumnya (langkah nomor 4), lalu > klik Continue.


9. Terakhir klik Submit Request, maka akan muncul daftar tunggu url error untuk dihapus. Biasanya desok atau lusanya di daftar tersebut akan muncul url error yang sudah dihapus oleh aplikasi dengan laporan 'removed'.

 

 10. Ulangi langkah yang sama terhadap semua url error yang tertera di daftar.

11. Beres deh..! Gampang, kan.??
Selamat mencoba, dan jangan lupa tinggalkan komentar bila sudah berhasil dengan tips dan trik ini.


Simak Juga:




Posting Komentar