PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Agustus 24, 2015

Cara Mengganti dan Memperbaiki As Stater Vespa Lawas








Bila suatu saat Vespa Anda yang masih menggunakan sistem starter manual harus diganti, inilah solusinya! Ya, bila Anda pemilik Vespa lawas dan punya hobi kotak-katik, informasi berikut ini mungkin suatu saat diperlukan dan bermanfaat. Namun bagi mereka yang tidak memiliki hobi kotak-katik bukan berarti tidak memerlukan informasi ini, karena pada saat Vespanya mengalami gangguan dan harus dibawa ke bengkel, dengan memiliki ilmu atau informasi yang berkaitan, maka kita dapat mengontrol hasil pekerjaan bengkel atau dengan kata melakukan apa yang harus dilakukan.Tidak cuma menyerahkan sepenuhnya kepada bengkel. Karena sesungguhnya tidak banyak teknisi bengkel yang pekerjaannya beres dan rapih. Banyak di antara mereka yang pekerjaannya asal jadi saja.

Setelah lebih dari enam tahun saya memakai Vespa 1985 tiba-tiba “as starter” manual macet, tidak bisa digenjot. Awalnya seret dan ketika digenjot jarak genjotannya tinggal separo, dan tak lama kemudian malah macet sama sekali! Tentu saja mesin jadi tidak bisa dinyalakan. Sesaat itu sempat membuat pikiran panik. Saya heran juga, padahal setahu saya batang as terbuat dari besi tuang, setelah dicek dari luar ternyata batang asnya tampak retak, rupanya akibat terpelintir demikian kuat saat mesin "digenjot" (distarter untuk menyalakan mesin).

Tidak perlu berpanjang cerita, langsung saja ke TKP. Perlu dicatat bahwa untuk memperbaikinya mesin cukup dibelah separo, dan tidak perlu turun mesin.



Cara Mengganti dan Memperbaiki As Starter Vespa


  1. Lepaskan tutup mesin dari tempatnya.
  2. Lepaskan tutup magnet dan kipas mesin.
  3. Kendorkan empat mur tutup silinder bergantian secara menyilang, sehingga terlepas semuanya. Lalu angkat dan lepaskan tutup silinder dari tempatnya.
  4. Kendorkan dan lepaskan empat baut silinder. Jika mengalami kesulitan atau macet, bisa dilakukan dengan bantuan memasang dua buah mur yang diputar kencang satu sama lain ke arah berlawanan pada baut yang akan dilepas. Setelah itu cobalah melepaskan baut dengan cara memutar salah satu mur yang berada pada posisi bawah.
  5. Angkat dan lepaskan silinder dari tempatnya setelah piston didorong pada posisi di bawah.
  6. Lepaskan mur magnet dan lepas magnet dari dudukannya. Lepaskan spie magnet dan tempelkan ke magnet agar tidak jatuh dan hilang.
  7. Kendorkan secara menyilang dan lepasakan semua (sebelas buah) baut tutup sebelah mesin.
  8. Ketok perlahan-lahan secara seimbang bergantian arah memutar dengan menggunakan balok kayu yang keras sampai tutup mesin terlepas dari tempatnya.
  9. Bila as starternya macet tidak bisa dicabut, bawa ke tukang bubut untuk mencabutnya.






Sekarang cara memasangnya kembali, ikuti langkah-langkah di atas dengan mengikuti urutan langkah terbalik. Tetapi pada saat mengganti dan memasang as starter yang baru (beli) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan sebagai berikut:

  1. Sebelum memasang tutup sebelah mesin secara permanen (dipasang lapisan packing dan diberi lem), sebaiknya perlu dipasang sementara dengan memasang 4 baut di sekitar as starter tidak harus dikencangkan sekadar untuk keperluan mencoba memutar as starter, apakah lancar atau mengalami gangguan seret atau macet.
  2. Kalau mengalami hal demikian, bawalah as starter yang baru dibeli berikut yang lama (bekasnya) ke tukang bubut untuk digerinda (dipotong) bagian-bagian tertentu (lihat gambar) agar disesuaikan dengan as yang lama. Karena penyebab utama biasanya ada di bagian ini, sehingga penggantian dan pemasangan as starter baru mengalami kesulitan.

Demikian Cara Mengganti dan Memperbaiki As Stater Vespa Lawas berdasarkan pengalaman nyata.
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Simak Juga:




Posting Komentar