PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

November 30, 2018

Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air









Artikel mengenai Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air kali ini akan fokus membahas tentang 'cara mudah dan murah memeriksa gulungan (bagian terpenting dari) dinamo'. Dewasa ini hampir setiap rumah tangga memiliki dan menggunakan alat pompa air listrik, mulai dari model pompa air sederhana yang harganya ratusan ribu hingga jutaan seperti pompa air model jet pump. Oleh karenanya setiap keluarga termasuk Anda mengetahui bahwa semua jenis dan model pompa air pasti memiliki komponen penting yang disebut dinamo listrik sebagai unit atau alat penggerak kipas yang merupakan bagian vital dan sentral atau bisa juga disebut sebagai jantungnya untuk menyedot air dari dalam tanah. Semua perangkat yang proses kerjanya menghasilkan “gerak (kinetik)”, persisnya gerakan putar seperti pasa kipas angin. Secara teori, peralatan yang menghasilkan 'gerakan' atau tenaga kinetik memiliki potensi atau tingkat kerusakan fisik lebih besar dibandingkan misalnya dengan perangkat listrik yang kerja utamanya tidak bergerak seperti televisi atau radio. Sekalipun mungkin perbaikannya tidak dikerjakan sendiri, tetapi bila Anda mengetahui Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air, maka pastinya Anda akan dapat mengawasi kualitas kerja dari tenaga teknisi yang mengerjakan.

Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air


Langkah pertama dan utama Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air adalah memeriksa kondisi gulungan atau dulu sering disebut spool dinamo, apakah masih normal atau korsleting (rusak). Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memeriksa kondisi gulungan dinamo. Tetapi pemeriksaan gulungan dinamo yang dipaparkan kali ini adalah cara yang sederhana, cepat, nudah dan murah.


Baiklah, langsung saja menuju TKP Cara Mudah dan Murah Mengetes Gulungan Dinamo Pompa Air.
  1. Siapkan sebuah stop kontak listrik AC 220V (PLN). Lebih baik dan aman lagi jika stop kontak dilengkapi atau dapat dikendalikan melalui sebuah saklar. Sementara itu, jangan lupa untuk memakai alas kaki terbuat dari karet seperti sandal jepit saat melakan pekerjaan.
  2. Siapkan sebatang logam berbentuk panjang, seperti misalnya obeng.
  3. Siapkan ulungan dinamo yang akan dites kondisinya masih layak atau tidaknya.
  4. Melalui saklar pindahkan stop kontak dalam posisi mati.
  5. Masukkan dua kabel dari gulungan dinamo ke dalam masing-masing lobang stop kontak.
  6. Masukkan batang logam (obeng) di rongga bagian tengah gulungan dengan menggunakan salah satu tangan. Sementara siapkan tangan yang satu di saklar untuk memindahkan ke posisi menyala dan mati.


  7. Sekarang tekan saklar ke posisi hidup sekejap saja, lalu dimatikan kembali.Jangan kaget, jika obeng bergerak tertarik seketika saklar dipindahkan pada saat posisi menyala, maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa dinamo dalam keadaan masih baik dan layak untuk dipakai.
  8. Atau dapat juga dilakukan pengecekan dan pemeriksaaan gulungan dengan menggunakan alat multitester, yakni mengetes kondisi ketiga kabel (warna hitam, merah, dan abu-abu) secara bergantian.




Demikian petunjuk teknik tentang Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Simak Juga:




Posting Komentar