PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

November 28, 2018

Cara Memperbaiki Raket Nyamuk






Jangan buru-buru dibuang atau masuk ke gudang jika raket nyamuk Anda bermasalah dan tidak dapat dipakai lagi untuk membunuh nyamuk. Salah satu sebabnya adalah catu daya atau baterei lemah atau sudah mati sama sekali. Berikut adalah tips dan trik Cara Mudah dan Murah Memperbaiki Raket Nyamuk.. Perlu dicatat bahwa raket nyamuk yang harganya relatif murah biasanya hanya dilengkapi dengan baterei tipe AA yang tidak bisa diisi ulang. Tetapi raket nyamuk yang harganya sedikit lebih mahal biasanya menggunakan baterei berbentuk kotak segi empat berwarna hitam ataupun baterei tipe AA yang dapat diisi ulang (rechargeable). Hanya saja baterei yang dapat diisi rechargeable power tipe AA menurut pengalaman kurang atau tidak awet.

Cara Memperbaiki Raket Nyamuk Khusus Baterei


Sebelum mengambil langkah perbaikan, sebaiknya lebih dulu diketahui bahwa komponen baterei rechargeable tidak dijual di pasaran Jakarta. Namun janganlah hendaknya hanya gegara batereinya rusak mengakibatkan raket nyamuk tidak dapat berfungsi dan dipakai lagi. Silakan simak dan coba solusi berikut Cara Mudah dan Murah Memperbaiki Baterei Raket Nyamuk. Ikuti langkah-langkahnya:
  1. Belilah 3 (tiga) buah baterei tipe AA.
  2. Rakitlah dengan menggunakan solder listrik dan disambungankan satu dan lain secara serie (berurutan), yakni kutub plus ketemu minus dan seterusnya.
  3. Sumber daya dari 3 buah baterei seharga Rp7.500 tersebut dapat bertahan dipakai untuk jangka waktu selama kurang lebih 3 minggu efektif, dengan catatan dipergunakan seperlunya dalam arti jangan dipencet terus menerus selama penggunaan.

    Bonus tips:
    Untuk menghasilkan listrik tegangan tinggi lebih besar/kuat lagi, maka dapat ditambahkan satu buah kapasitor 2.000v lagi (bisa dengan cara kanibal dari raket bekas) dipasang secara paralel (kedua kaki masing-masing kapasitor disatukan).

    Nah, sekarang raket nyamuk siap dipakai untuk menumpas nyamuk yang menyebalkan itu dengan suara khas: "Bletek..! Bletek..!". Setelah dipakai selama beberapa minggu, jika bunyi 'bletek..bletek' sudah terdengar melemah, tinggal mengganti saja ketiga baterei tersebut dengan baterei yang baru. Perhatikan jangan sampai salah dan tertukar saat menyambungkan kedua kutub rangkaian baterai baru tersebut ke sirkuit listrik raket nyamuk. Untuk mengetes kondisi baterei, lakukan satu demi satu cukup dengan menggunakan boglam senter berkekuatan 2,5 volt dan seutas kabel kecil. Baterei yang masih bagus akan menghasilkan cahaya yang cukup terang di boglam tersebut.

    Itulah jalan keluar dan solusi efisien yang dapat ditempuh. Sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasl.!

    Simak Juga:




    Posting Komentar