PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Agustus 12, 2016

Cara Membasmi Nyamuk Dengan Tangan Kosong



 



Hampir semua orang dapat dipastikan pernah mengalami gangguan dan digigit nyamuk, tak peduli orang kaya atau miskin, sedang berada di dalam rumah atau di luar rumah. Dalam skala massif
nyamuk sendiri bagi manusia sudah tidak asing dan menjadi bahaya latent bagi kesehatan bahkan keselamatan manusia, sehingga berbagai cara dilakukan dan dikembangkan untuk membasminya. Yang ingin kita bahas kali ini adalah “skala rumahan”, di mana untuk keluarga tertentu mungkin menggunakan semprot racun nyamuk, sedangkan keluarga lain lebih suka menggunakan raket nyamuk untuk membasminya karena beberapa alasan. Dengan menyemprotkan racun nyamuk ke seluruh sudut ruangan rumah tidak menjamin ruangan terbebas nyamuk. Apalagi untuk jenis racun tertentu efek kerjanya hanya membuat nyamuk pingsan, dan ketika nyamuk siuman seperti marah dan akan melakukan serangan lebih ganas. Saat itu mungkin tengah asyik bercengkerama bersama keluarga sambil menonton televisi, tiba-tiba satu dua ekor nyamuk hinggap dan menggigit betis kaki kita. Jangan coba-coba kita hendak membunuhnya dengan cara menepuk, baru mata kita melirik atau melotot tertuju kepadanya sang nyamuk sudah tahu dan langsung kabur. Atau mungkin gerak tangan kita lebih cepat untuk menepuknya, tetapi dia kalah cepat menghindar (mengeles) dan kadang seperti meledek langsung hinggap di bagian lain, sehingga kita jengkel dibuatnya. Jika saja kita mengetahui sedikit sifat dan kebiasaan yang menjadi kelemahan nyamuk, maka siasat dan strategi berikut ini dapat digunakan untuk menundukkan bahkan membunuh nyamuk yang menjengkelkan itu cukup dengan menggunakan tangan kosong:
  1. Pastikan dulu letak atau posisi nyamuk berada (jika nyamuk hinggap di bagian tubuh yang tidak kelihatan --memang kecenderungannya begitu-- usir dulu agar ia berpindah serta hinggap ke bagian yang mudah dilihat dan dijangkau).
  2. Arahkan wajah atau lebih tepatnya mata kita (kalau perlu mata setengah dipejamkan atau merem melek, kayak cewe lagi itu tuu..hh) serya berlagak seolah-olah kita tidak sedang mengincarnya sebelum akhirnya Anda mengayunkan tangan untuk menepuk dan membunuhnya.

  3. Terakhir dan ini yang paling penting serta menentukan, yakni saat mengayunkan tangan tidak boleh langsung atau lurus tetapi kira-kira 10 cm sebelum telapak tangan sampai kepada sasaran dan menghantam nyamuk hingga penyet, belokkan pukulan ke arah menyamping (satu kali zig zag), sekadar untuk mengelabuinya, lalu kembali ke arah semula, sehingga nyamuk "mati langkah". Mengapa harus zig-zag? Karena, jika gerak ayunan telapak tangan lurus-lurus saja maka akan menimbulkan angin. Selain membuat nyamuk kaget, angin itu sendiri juga akan mendorong tubuh nyamuk yang super ringan itu yang justru akan menyelamatkannya dari hantaman jurus telapak "budha" kita. Gerakan itu harus dilakukan dengan sekejap tetapi tidak perlu terlalu keras, meskipun hati kita sudah geram benar. Biasanya bila “operasi senyap” itu berhasil, akan diikuti rasa puas dan senyum dalam hati, karena kita telah berhasil mengecoh dan menundukkan gerak nyamuk yang sangat gesit itu.
    Selamat mencoba.

Simak Juga:




Posting Komentar