PORTAL KAJIAN ISLAM KONTEMPORER: Memadukan Wahyu dan Nalar Sehat Menuju Keseimbangan Hidup. "Banyak orang terjerumus karena menilai kebenaran dari SIAPA yang mengatakan, bukan dari APA yang dikatakan"

Juni 23, 2019

Cara Membasmi Nyamuk









Berbicara soal nyamuk rasanya tak seorang manusia pun yang tidak tahu nyamuk, karena keberadaan nyamuk sudah seumur sekaligus dekat dengan manusia di dunia. Masalahnya, nyamuk bukan cuma menganggu, seperti tikus, tetapi berani menghisap darah manusia! Malah ada yang menularkan penyakit DBD. Maka artikel ini akan berbagi informasi
mengenai Cara Membasmi Nyamuk, bukan sekadar mengusir. Sebab kalau mengusir sifatnya hanya sementara. Dan nyamuk yang dibasmi pun nyamuk di rumah, bukan di selokan atau di kebon, dan halaman. Banyak pilihan Cara Membasmi Nyamuk, tetapi kali ini kita sajikan menggunakan teknologi mutakhir yang --ini yang penting-- murah, efektif, praktis, tahan relatif lama dan ramah lingkungan, yakni menggunakan raket nyamuk. Sebelum sampai pada membahas tekno mutakhir menggunakan ini, rasanya sedikit perlu juga untuk diketahui bahwa sejak dulu upaya baku manusia untuk mengatasi gangguan nyamuk adalah dengan tekno pengasapan. Mulai dari cara 'primitif' membakar sampah, membakar bahan olahan buatan pabrik hingga 'fogging'. Sayangnya jenis produk penghasil asap tersebut secara operasional selain dapat menganggu kesehatan sesungguhnya hanya membuat nyamuk pingsan untuk sementara waktu (+- satu jam, setelah itu para nyamuk tersebut bangkit kembali untuk siap menyerang dan menghisap darah manusia dengan lebih ganas (mungkin karena 'sakaow' atau dendam).



Maka agar dapat dilakukan Cara Membasmi Nyamuk, yang murah, efektif, praktis, berjangka relatif lama dan ramah lingkungan, satu-satunya cara adalah mempelajari dan menguasai ilmu cara memperbaiki raket nyamuk.  Mengapa demikian? Karena dari pengalaman menunjukkan bahwa raket nyamuk, lebih-lebih jenis yang harganya murah (Rp50 rb-an), belum satu bulan dipakai seringkali sudah mati alias rusak. Padahal teknologi pembangkit aliran listrik tegangan tinggi (hingga 2.000 volt, seperti busi pada kendaraan bermotor) dari sebuah raket nyamuk, seekor nyamuk atau lebih dapat dibuat hancur lebur berkeping-keping... ! Tanpa menyisakan polusi yang berpotensi mengganggu bahkan merusak kesehatan manusia, kecuali risiko terkena sengatan listrik, meski tidak mematikan dan hanya mengejutkan, atau terpukul karena ketidakhati-hatian. Oleh karenanya, disarankan untuk menaruh raket jauh dari jangkauan anak-anak bila sedang tidak digunakan.


Jika ditelusuri di dunia maya artikel tentang cara memperbaiki raket nyamuk pada umumnya hanya menguraikan tentang cara memelihara (maintenance) raket nyamuk, seperti misalnya (1) jangan terlalu lama saat mengisi baterai (charging), (2) saat memakai raket jangan sampai membentur tembok, (3) agar secara berkala merapihkan dan membersihkan jala raket, dst.., dst. Kalaupun ada yang membahas perbaikan (servis atau reparasi) hanya disebutkan agar mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru. Apa dan bagaimana melaksanakannya tak dijelaskan.
Berikut adalah panduan sistematis dan lengkap serta jelas tentang cara memperbaiki raket nyamuk teknologi mutakhir sebagai  bagian dari Cara Membasmi Nyamuk

Nilai dan Harga Raket Nyamuk



Dengan mematok harga yang relatif terjangkau tentu pihak pabrik tak akan mau menderita rugi dengan membuat raket yang tangguh dan bermutu dengan segala macam after sales service (layanan pasca jual), seperti penyediaan suku cadang (spare part). Walhasil, sejumlah komponen, terutama transistor oscilator (pembangkit gelombang dan voltase tinggi) yang rentan rusak tidak cukup tersedia di pasaran. Bila transistor tersebut rusak biasanya “overheat” (putus, karena kelewat panas) akibat dari penekanan tombol yang terlalu lama saat pemakaian misalnya, maka tamatlah "riwayat” raket tersebut. Bagi mereka yang tak memiliki banyak waktu dan atau tidak memiliki hobi kotak-katik, paling-paling raket yang dianggap sudah 'sewag' (rusak) dibuang lalu membeli raket yang baru. Selesai. Tetapi membeli lagi raket baru juga tak menjamin dapat berumur panjang. Biasanya tidak sampai dua bulan dipakai, raket baru pun sudah rusak pula.
Nah, untuk tidak berlama-lama, mari kita mulai saja menuju ke TKP. Ini dia caranya..:

Cara Mudah Memperbaiki Raket (Membasmi Nyamuk)


Dari segi konstruksi dan fungsi sebuah raket nyamuk dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:
  1. Catu daya (baterai) arus searah (DC) dengan kekuatan tegangan sekitar 3,7 volt. Raket nyamuk dengan harga relatif lebih mahal biasanya dilengkapi baterei yang bisa diisi (rechargeable power). Sedang raket lebih murah hanya dilengkapi dengan batu baterai biasa (tipe AA) yang biasanya cepat mati.
  2. Sistem pengisian (charger).
  3. Tombol operasional pembangkit tegangan tinggi.
  4. Rangkaian kelistrikan pembangkit tegangan tinggi (mengubah tegangan listrik DC 3,7 v menjadi tegangan tinggi hingga 2.000 v)
  5. Jaring kawat perangkap penerima tegangan tinggi, terdiri dari 3 lembar. Dua lembar di bagian luar saling terhubung, dan satu lembar di tengah (tidak boleh terhubung dengan 2 lembar kawat di bagian luar).


Sebelum memulai pekerjaan, sediakan peralatan sebagai berikut: (1) sebuah solder listrik berikut timahnya. (2) Sebuah multi tester sederhana (opsional) yang dapat dibeli dengan harga kisaran Rp25 ribu. (3) Sebuah boglam senter ukuran 2,5 volt dan seutas kabel ukuran kecil kisaran panjang 10 cm.




Ikuti prosedur kerja dan langkah-langkah sesuai urutan bagian di atas, sebagai berikut:
  1. Lakukan pengetesan catu daya, cukup gunakan boglam senter. Perhatikan sinar yang memancar dari boglam, apakah masih terang, sedang atau sudah kecil atau mati sama sekali. Untuk catu daya jenis rechargeable, jika dalam pengetesan hasilnya mati, maka dua kemungkinan, yakni (a) baterei rusak atau (b) gangguan pada sistem pengisian. Untuk memperbaiki baterei simak: di sini.
  2. Sistem pengisian biasanya jarang mengalami gangguan. Paling karatan pada steker (colokan untuk sambungan ke listrik PLN).
  3. Lakukan pengetesan fungsi tombol pembangkit tegangan tinggi dengan menggunakan multi tester (putar saklar penyetel pada posisi ohm /tahanan/resisten). Meski agak sedikit repot, pengetesan bisa juga dengan menggunakan boglam senter dan baterei yang masih bagus dibantu seutas kabel. Prinsipnya, fungsi tombol adalah untuk menghubungkan (on) pada saat dipencet dan memutuskan (off) pada saat dilepas. Jika dalam pengetesan menunjukkan fungsi tersebut tidak bekerja, maka tombol harus diganti (tersedia di pasaran dengan harga Rp1.000).
  4. Jika pengetesan langkah 1-3 hasilnya positif (bagus), maka penghasil tegangan tinggi (dengan cara menghubungkan langsung dua kaki kapasitor tegangan tinggi) akan mengeluarkan percikan api listrik. Jika tidak mengeluarkan percikan, berarti kemungkinan besar gangguan di transistor oscilator atau di kapasitor 2000v. Untuk memperbaikinya simak di sini.

  • Terakhir lakukan pemeriksaan pada jaring kawat tegangan tinggi. Perbaiki jika ditemukan ada kawat jaring luar yang terhubung atau bersinggungan dengan kawat jaring dalam, mungkin akibat tergencet atau kotoran debu dan lainnya.


  • Demikianlah Cara Membasmi Nyamuk dengan berbekal ilmu dan keterampilan cara memperbaiki raket nyamuk. Dijamin Anda akan dapat membasmi nyamuk di rumah dengan raket nyamuk dalam jangka waktu minimal 10 x lipat (biasanya raket hanya berumur satu bulan, sehinggamembuat kawanan dan gerombolan nyamuk hancur berkeping atau lari terbirit-birit. Selain itu Anda juga bisa 'beramal', membantu kerabat, sahabat dan tetangga yang mengalami hal sama untuk memberikan solusinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat..!

    Simak Juga:




    Posting Komentar